Latest Posts

Resep Membuat Cup Cake Ayam Jagung

By 00:22


Bahan :
  1. Garam sebanyak ½ sdt
  2. Maizena sebanyak 25 gram
  3. Margarin sebanyak 65 gram kemudian lelehkan
  4. Telur sebanyak 4 butir
  5. Tepung terigu berprotein sedang sebanyak 100 gram
  6. Gula pasir sebanyak 90 gram
  7. Baking powder sebanyak ¼ sdt
  8. Emuslifier sebanyak 1 sdt
  9. Jagung serut sebanyak 75 gram

Bahan untuk isian:

  1. Serai sebanyak 1 batang kemudian di memarkan
  2. Daun salam sebanyak 1 lbr
  3. Daun jeruk sebanyak 3 lbr kemudian buang bagian tulangnya
  4. Dada ayam sebanyak 1 buah, usahakan tanpa kulit
  5. Bawang merah sebanyak 4 siung
  6. Bawang putih sebanyak 3 siung
  7. Garam sebanyak ¾ sdt
  8. Merica bubuk sebnayak ¼ sdt
  9. Santan kental sebanyak 100 ml, dari ¼ butir kelapa
  10. Air sebanyak 750 ml
  11. Gula pasir sebanyak ¼ sdt
Proses / Cara membuat cup cake ayam jagung:
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merebus ayam terlebih dahulu hingga matang untuk bahan isian, setelah matang kemudian angkat lalu suir daging ayam tersebut dan sisihkan air kalduya sebanyak 300ml. Setelah itu, rebus kembali air kaldu tersebut bersama dengan beberapa bahan lainnya seperti daun salam, serai, merica, daun jeruk, bumbu halus, gula, dan juga garam, rebus seluruh bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian masukan ayam suir pada rebusan tersebut dan masak hingga bumbu meresap pada daging ayam, setelah itu masukan santan dan aduk kembali secara perlahan lalu masak kembali hingga meresap.
Langkah selanjutnya adalah membuat cake yang dapat dilakukan dengan cara mengocok telur terlebih dahulu beserta beberapa bahan lainnya seperti gula pasir, emuslifier, dan juga garam hingga adonan mengembang sempurna. Setelah itu masukannlah tepung terigu, baking powder, dan juga maizena secara perlahan dengan cara diayak, kemudian aduk kembali hingga seluruh adonan tercampur rata. Kemudian masukan margarin cair dan juga jagung lalu aduk kembali hingga merata.
Dan langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan adonan tadi pada cetakan muffin sedikit terlebih dahulu, kemudian tuangkan bahan isian secukupnya lalu tuangkan kembali bahan adonan yang pertama tadi. Kemudian panggang di dalam oven dengan suhu sekitar 190 derajat selama kurang lebih selama 18 menit hingga matang merata, setelah itu angkat dan sajikan cup cake ayam jagung hasil kreasi anda.

You Might Also Like

0 comments